Ruang Buram merupakan website yang sebelumnya pernah terbit dengan nama dan konsep yang berbeda—hanya saja menggunakan domain yang masih sama. Saat awal website ini dihadirkan tahun 2011, konten-kontennya lebih banyak membahas tentang pemrograman—juga tambahan artikel-artikel dari website lain yang dimuat ulang di website ini.

Tahun 2015, website ini banyak ditelantarkan; tidak ada tulisan-tulisan baru untuk diterbitkan. Ini juga disebabkan karena website tidak terkonsep dan tidak digarap secara serius. Akhirnya, pada pertengahan 2015 website ini tidak diperpanjang domain-nya.

 

Masa Lalu, Biarlah Berlalu

Ruang Buram hadir pada pertengahan 2016. Ruang Buram sendiri bukan nama mutlak yang tidak akan diganti di masa mendatang. Nama ini muncul karena didesak oleh keinginan untuk memugar kembali website ini, dan juga nuansanya yang bisa dinikmati seperti membaca pada kertas buram. Di masa mendatang, nama ini bisa saja tidak sebagaimana adanya saat ini.

Untuk konten-kontennya, website ini tidak akan lagi mengulas berbagai hal tentang dunia IT dan pemrograman dalam wilayah teknis—seperti dulu. Tulisan-tulisannya akan lebih segar, ditulis langsung oleh pengasuh Ruang Buram.

Belajar dari masa lalu website ini, penulis akan lebih berkomitmen untuk senantiasa mengasuh ruang ini agar tetap hidup dan bisa terus dinikmati oleh para pembaca.

Kritik dan saran Anda sangat membantu dalam proses berkembangnya website ini, dan dapat dikirimkan melalui halaman kontak.

Atau Anda juga dapat mengirimkan surel ke :

  • kotaksurat[•at•]andrewicaksono.com

 

Terima kasih, dan selamat membaca.